5 Alasan Anda Harus Ikut BPJS Kesehatan, Premi Murah dan Jaminan Seumur Hidup

Perkembangan penyakit di dunia semakin hari semakin mengkhawatirkan. Akhir-akhir ini, ada virus mematikan yang bermunculan yang kita kenal dengan Corona. Banyak orang berlomba-lomba ikut jaminan kesehatan agar aman dari biaya tidak terduga. Yuk, intip alasan lain mengapa Anda harus ikut BPJS kesehatan dan bagaimana pula cara cek pembayaran BPJS agar tidak telat.


Mengenal Lebih Dekat BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan adalah suatu badan atau lembaga pemerintah yang memberi jaminan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Sebelumnya, layanan ini bernama ASKES dan kini telah bertransformasi menjadi JKN dengan segala perubahan yang lebih baik. Diatur dalam UU, semua warga negara Indonesia dan juga warga negara asing yang tinggal lebih dari 6 bulan di Indonesia wajib memiliki BPJS. Pertanyaannya, apakah Anda sudah punya?

Jika sudah, maka selamat. Anda termasuk orang yang taat pada aturan dan peduli dengan kesehatan. Jika belum, Anda jangan takut, sedih, atau berkecil hati. Ada banyak kesempatan Anda mendaftar BPJS sekarang, bisa dengan datang ke kantor atau melalui online. Segera daftarkan BPJS Anda dan rutin lakukan cek pembayaran BPJS agar tidak telat serta biaya pengobatan Anda terpenuhi seluruhnya.

Alasan Anda Harus Mendaftar BPJS Kesehatan

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memiliki BPJS Kesehatan, antara lain :

1. Premi Murah

Dibandingkan dengan premi asuransi kesehatan keluarga lainnya, premi BPJS tiap bulannya sangat murah. Namun, murah bukan berarti murahan. Pasalnya, hanya dengan iuran sebesar Rp 42.000 per jiwa tiap bulannya, maka Anda serta keluarga sudah bisa mendapat gratis biaya rawat jalan hingga rawat inap dan pembedahan. Bandingkan dengan premi lainnya yang mencapai ratusan ribu rupiah untuk satu orang saja.

2. Pertanggungan Seumur Hidup

Dengan membayar tiap bulannya secara rutin, maka Anda tidak perlu khawatir apabila kapan saja berobat. Pasalnya, iuran yang tidak besar dari BPJS Kesehatan tersebut dapat memberikan Anda manfaat biaya berobat sampai seumur hidup. Mulai dari kelas kamar sesuai yang dipilih di saat mendaftar, biaya berobat jalan, sampai bedah pun juga akan ditanggung BPJS asal Anda rutin membayar.

3. BPJS Kesehatan Memberi Pertanggungan Semua Penyakit

Sakit apapun selama itu bukan HIV/AIDS, narkoba, kecelakaan kerja atau kecelakaan di jalan, maka semua biaya perawatan dan pembedahannya akan ditanggung BPJS. Namun Anda juga harus patuh pada prosedur dan persyaratan yang diminta oleh pihak BPJS, misalnya saja menyerahkan salinan KK, KTP, atau juga menunjukkan kartu BPJS. Maka dari itu, segera urus di kantor BPJS jika kartu Anda hilang.

4. Menanggung Tanpa Melihat Kondisi Sebelumnya

Tidak seperti sistem asuransi di pasaran yang mewajibkan peserta benar-benar sehat dan bebas penyakit, di BPJS Kesehatan, Anda tidak akan dilihat kondisi penyakit sebelumnya. Jadi misalkan Anda sudah mengidap penyakit jantung dan ingin meringankan biaya pengobatan dengan mendaftar BPJS, maka Anda juga akan diterima sebagai peserta.

5. Pembayaran Mudah

Terakhir, alasan mengapa Anda harus ikut BPJS adalah karena mudahnya pembayaran. Anda bisa mengecek besar tagihan Anda dan membayarnya dalam satu tempat di www.blibli.com. Selain itu, Anda juga akan mendapat banyak promo menarik, mulai dari cashback, diskon, hingga promo-promo lainnya.

Demikian ulasan mengenai alasan mengapa Anda harus ikut BPJS Kesehatan dan juga bagaimana cara cek pembayaran BPJS dan juga pelunasan tanggungannya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label